Skip to main content

SEJARAH KOTA BANGUN KUTAI KARTANEGARA


JEMBATAN MARTADIPURA KUTAI KARTANEGARA

Hai.. Salam Blogger .. Kali ini saya mau share tentang salah satu daerah di Kukar yang menurut saya salah satu tempat yang sangat berpengaruh bagi sejarah kerajaan di kutai kartanegara.

Kota Bangun merupakan sebuah Kecamatan yang terletak di wilayah pedalaman Kabupaten Kutai Kartanegra Provinsi Kalimantan Timur.

Kota Bangun merupakan salah satu permukiman tertua di Kabupaten Kutai Kertanegara, selain itu juga ada daerah Kutai (Kutai Lama), nama kedua daerah ini sudah ada disebut di dalam Hikayat Banjar yang bagian terakhirnya ditulis pada tahun 1663. Kota Bangun merupakan asal daerah Raden Aria Dikara ayah Gusti Barap, isteri Panembahan di Darat (Mangkubumi dari Sultan Inayatullah)

Kecamatan Kota Bangun terletak antara 116º27' BT – 116º46' BT dan 0º07' LS – 0º36' LS dengan luas wilayah mencapai 1.143,74 km2. Secara administratif, kecamatan ini terbagi dalam 20 Desa dengan jumlah penduduk mencapai 25.871 jiwa (2005).
Sebagian wilayah kecamatan Kota Bangun dibelah oleh Sungai Mahakam dan Sungai Belayan serta terletak di tepi Danau Semayang dan Danau Melintang. Pola penyebaran penduduknya pun terkonsentrasi di sepanjang sungai maupun danau tersebut.

Pada hikayat Banjar, cerita tentang Kesultanan Banjarmasin, disebutkan bahwa ada permukiman tertua yang terletak di antara Kabupaten Kutai Kertanegara dan Kerajan Kutai Lama bernama Kota Bangun. Hikayat Banjar ini pernah dibukukan di Malaysia pada 1990 oleh Johannes Jacobus.

Hal yang menarik dari Kota Bangun adalah wisata airnya yang tersebar di beberapa wilayah pemukiman penduduk. Danau Melintang, salah satunya. Tempat wisata yang begitu teduh ini menyimpan keindahan yang tiada duanya ketika matahari baru akan terbit dan menjelang tenggelam.

Kicauan burung dan tenangnya aliran air sungai menambah asyiknya menikmati pesona danau yang memiliki teman akrab bernama Danau Semayang ini. Ketika air Sungai Mahakam surut, kedua danau tersebut akan menyatu. Pada malam hari ketika air Sungai Mahakam sedang naik, kedua danau itu memisahkan diri dengan posisi Danau Melintang terletak di sebelah kanan. Sungguh menarik, bukan ? Ini bukan mitos, Anda bisa membuktikannya sendiri dengan datang ke Kota Bangun.

Seolah kota Bangun memiliki peradabannya sendiri, Danau Semayang dan Danau Melintang hadir sebagai mata pencaharian penduduk yang bermukim di sepanjang jalur sungai dan danaunya. Anda juga dapat menemui Desa Melintang, desa terapung khas Kalimantan di atas Danau Melintang yang lebih mirip dengan lautan luas. Banyak perahu yang dirakit dengan tiang-tiang penyangga agar desa tersebut tetap kokoh meskipun angin yang bertiup sedang tidak bersahabat.

Kota Bangun menyimpan keindahan yang tak kalah menarik dari danaunya yaitu sudut Desa Melintang yang terletak di Kecamatan Muara Wis. Di tempat ini, para penduduknya sebagian besar berprofesi sebagai nelayan. Mereka mengumpulkan ikan yang baru saja mereka tangkap dari sungai, danau, dan rawa di sekitarnya. Ikan-ikan itu kemudian diolah agar awet dan memiliki nilai jual dengan cara diasap atau diasinkan lalu dijual dengan nama /Jukut Salai/ yang artinya ikan asap. Ikan ini dijual dengan harga kurang dari lima puluh ribu rupiah per kilogramnya.

Dan ini Mungkin Salah Satu Kisah Misteri  yang membuat daerah ini semakin unik.
Banyak sekali cerita-cerita mistik di daerah ini, seperti cerita hantu dan lain-lain,  Masih Ingat Acara UKA-UKA dulu yang Pembawa acara nya Torro Margen,,,?? Tim Mereka dulu pernah berkunjung ke daerah ini dan di kisahkan rencana membuat acara televisi namun tidak berjalan mulus Bahkan tim UKA_UKA dari TPI (Sekarang MNCTV) pun pulang dan tidak jadi mengadakan uji nyali di PLN kota bangun (menurut paranormal dari uka-uka, di situ terlalu berbahaya/ hantunya ganas, maka uji nyali di kota bangun pun di batalkan), karena tidak ingin pulang sia-sia lalu kemudian tim uka-uka pergi ke tenggarong untuk mengadakan uji nyali di Museum Tenggarong. 
Tetapi ternyata dimuseum juga berbahaya, tahukah anda!!! menurut cerita, setelah pulang dari tenggarong (setelah mengadakan uka-uka di museum tengggarong) para normal uka-uka meninggal secara misterius dalam perjalanan ke Balikpapan.



Selain itu di kota bangun ada cerita tentang hilangnya sebuah kerajaan secara misterius, namanya Kerajaan Sri Bangun. Kerajaan ini dulu pernah ditaklukkan oleh Kerajaan Kutai Martadipura. Kerajaan ini disebut-sebut menghilang secara gaib. Konon dulu pada zaman kerajaan martadipura berkuasa, pihak kerajaan sri bangun tidak mau lagi membayar upeti kepada pihak kerajaan martadipura. Lalu mereka (orang-orang sri bangun) memutuskan untuk mengadakan  upacara (ritual) untuk menggaibkan kerajaan dan orang2 mereka. Sehingga mereka bebas dari kekuasaan kerajaan martadipura.



1.      Misteri Kerajaan Sri Bangun



Sampai sekarang kerajaan Sri Bangun memang masih menjadi misteri bagi para sejarawan dan penduduk kota bangun khususnya. Bagi para sejarawan misteri kerajaan ini mungkin terletak pada minimnya bukti-bukti sejarah guna mengetahui tentang kerajaan ini pada masa lampau. Bagi masyarakat kota bangun misteri kerajaan ini adalah sebuah cerita “peristiwa gaibnya kerajaan Sri Bangun”. Masyarakat kota bangun saat ini masih meyakini/mempercayai keberadaan kerajaan ini sampai sekarang ini, namun keberadaannya ada secara gaib. Kejadiaan-kejadian aneh tentang sri bangun:




  • Beberapa orang yang mengaku pernah melihat kerajan besar dan megah berdiri di sekitar situs kerajaan sri bangun tersebut. Padahal disana hanya ada lahan kosong.
  • Beberapa orang mengaku pernah di dibawa orang gaib masuk ke alamnya, dia menyatakan bahwa dia melihat kota besar dan megah.
  • Beberapa orang yang baru datang berkunjung di kota bangun, menyatakan melihat perkotaan yang besar dan ramai di daerah bekas lapangan pesawat (sebelum memasuki perkampungan kota bangun). Kejadian ini sejak dulu hingga sekarang memang sering terjadi. Seperti beberapa tahun lalu ketika MTQ tingkat kabupaten Kutai Kartanegara di laksanakan di kota bangun.
  • Di desa kedang murung dulu sering terjadi penampakan mobil yang berwarna kuning lewat melintasi jembatan kedang murung. Mobil tersebut diyakini masyarakat kedang murung sebagai mobil milik orang sri bangun (orang gaib).
  • Pernah kejadian seorang pengantar mobil truk ke kota bangun. Orang tersebut mengantar truk pesanan dari samarinda ke kota bangun sebanyak 10 truk (katanya mobil truk itu dibeli oleh warga kota bangun). Setelah mengantar truk tersebut, kemudian dia singgah di salah satu warung yang di kota bangun, pemilik warung tersebut bertanya: “anda dari mana mas??”. Saya dari samarinda, saya kesini tadi habis ngantar truk pesanan orang,  Jawab pengantar tersebut. “siapa yang memesan truknya mas??” Oh.. itu orang di atas (di gunung sekitar bekas lapangan pesawat), di atas rame sekali kota nya ya.., ungkap pengantar tersebut. Padahal di situ tidak ada rumah sama sekali (hanya lahan kosong). Banyak lagi kejadian serupa seperti di atas sampai saat ini. Seperti pemesanan sepeda motor dll.

Tahukah anda!! Percaya tidak percaya, beberapa orang di kota bangun ada yang bersahabat dengan orang gaib bahkan ada yang kawin dengan orang gaib sampai menghasilkan anak pula. Bahkan anak mereka yang gaib ini sekolah di sekolah-sekolah di alam nyata alam kita. Dan ada yang sampai ke perguruan tinggi seperti Unmul dan lain-lain. Ketika orang-orang gaib ini melakukan transaksi dengan manusia maka mereka akan berubah seperti manusia biasa. Oleh karena itu mereka bisa berbelanja dan bersekolah di alam kita.
BELIEVE IT OR NOT !!!

Hehehehe Bagaimana Tertarik Kalo ada waktu datang dan berkunjung lah ke Kutai Kartanegara untuk menambah Pengalaman kita tentang Indah nya Indonesia..
Sekian dari saya yah.. Salam Blogger, dan terus Berkarya...!!! ^^


Sumber : wikipedia ,Misteri Kerajaan SRI BANGUN

Comments

  1. KAMI SEKELUARGA MENGUCAPKAN BANYAK TERIMA KASIH ATAS BANTUANNYA MBAH , NOMOR YANG MBAH BERIKAN/ 4D SGP& HK SAYA DAPAT (350) JUTA ALHAMDULILLAH TEMBUS, SELURUH HUTANG2 SAYA SUDAH SAYA LUNAS DAN KAMI BISAH USAHA LAGI. JIKA ANDA INGIN SEPERTI SAYA HUB MBAH_PURO _085_342_734_904_ terima kasih.

    KAMI SEKELUARGA MENGUCAPKAN BANYAK TERIMA KASIH ATAS BANTUANNYA MBAH , NOMOR YANG MBAH BERIKAN/ 4D SGP& HK SAYA DAPAT (350) JUTA ALHAMDULILLAH TEMBUS, SELURUH HUTANG2 SAYA SUDAH SAYA LUNAS DAN KAMI BISAH USAHA LAGI. JIKA ANDA INGIN SEPERTI SAYA HUB MBAH_PURO _085_342_734_904_ terima kasih.


    KAMI SEKELUARGA MENGUCAPKAN BANYAK TERIMA KASIH ATAS BANTUANNYA MBAH , NOMOR YANG MBAH BERIKAN/ 4D SGP& HK SAYA DAPAT (350) JUTA ALHAMDULILLAH TEMBUS, SELURUH HUTANG2 SAYA SUDAH SAYA LUNAS DAN KAMI BISAH USAHA LAGI. JIKA ANDA INGIN SEPERTI SAYA HUB MBAH_PURO _085_342_734_904_ terima kasih.

    ReplyDelete
  2. http://taipannnewsss.blogspot.com/2018/02/bersiap-6-zodiak-ini-akan-hadapi-cinta.html
    http://taipannnewsss.blogspot.com/2018/02/ungkapan-hati-tak-lagi-redup-melalui.html
    http://taipannnewsss.blogspot.com/2018/02/parah-dosen-dan-mahasiswa-selfie-bareng.html

    QQTAIPAN .ORG | QQTAIPAN .NET | TAIPANQQ .VEGAS
    -KARTU BOLEH BANDING, SERVICE JANGAN TANDING !-
    Jangan Menunda Kemenangan Bermain Anda ! Segera Daftarkan User ID nya & Mainkan Kartu Bagusnya.
    Dengan minimal Deposit hanya Rp 20.000,-
    1 user ID sudah bisa bermain 7 Permainan.
    • BandarQ
    • AduQ
    • Capsa
    • Domino99
    • Poker
    • Bandarpoker.
    • Sakong
    Kami juga akan memudahkan anda untuk pembuatan ID dengan registrasi secara gratis.
    Untuk proses DEPO & WITHDRAW langsung ditangani oleh
    customer service kami yang profesional dan ramah.
    NO SYSTEM ROBOT!!! 100 % PLAYER Vs PLAYER
    Anda Juga Dapat Memainkannya Via Android / IPhone / IPad
    Untuk info lebih jelas silahkan hubungi CS kami-Online 24jam !!
    • WA: +62 813 8217 0873
    • BB : D60E4A61
    • BB : 2B3D83BE
    Come & Join Us!

    ReplyDelete

Post a Comment

Popular posts from this blog

Gaya Pacaran Remaja Masa Kini yang Cenderung Negatif

Hai Sobat Blogger, Memang tak bisa di pungkiri di era globalisasi dengan deras arus budaya barat yang masuk dinegara kita ini tak ayal juga dengan sangat cepat mempengaruhi sistem pergaulan anak-anak remaja hari ini. Budaya Hedonisme yang datang dari barat semakin susah dibendung apalagi dengan pengawasan yang minim dari orang tua kepada anak-anak nya, makanya tak jarang kita menemukan beberapa pasang muda mudi yang merajut cinta sampai diluar batas kewajaran. bahkan dari setiap tingkatan sekolah pun sudah mengenal yang namanya pacaran bahkan anak sekolah dasar sekalipun mengerti tentang istilah pacaran dan berpacaran -_-" ,, Dibilang Aneh yah mau gimana lagi beginilah Kondisi remaja kita hari ini. Bisa kita akui bahwa Masa remaja adalah masa yang paling indah sekaligus masa yang paling mudah membuat kehancuran. Memang menyenangkan bila dikerjakan, namun penyesalan selalu datang akhir dengan kekecewaan yang teramat dalam. Berpacaran salah satunya, munafik apabila kaum rem

SULAP GOOGLE / GOOGLE PALSU

Haii Salam Blogger.... Pada Postingan ini ane akan kasih sedikit sulap sederhana namun bisa membuat teman2 ada terkejut...  Efek : Pesulap dapat menghilangkan dua buah huruf "O" pada halaman browser Google dengan cara menutupnya dengan jarinya di depan layar komputer. Pesulap juga dapat mengembalikan huruf "O" nya kembali. Rahasia : Gampang! Silakan anda meluncur ke  www.darkartsmedia.com/Google.html . Tutup dua huruf O pada GOOGLE dan klik mouse di sembarang tempat. Tunggu beberapa saat dan anda perlihatkan huruf O nya menghilang. Tutup kembali bekas huruf O itu. kamudian klik sekali lagi dan huruf O-nya akan kembali dalam beberapa detik. Klik ketiga akan mengembalikan anda ke Situs Google asli sehingga penonton gagal mencoba trik sulap anda! Tanpa banyak kata, ayo kita langsung coba

Game Show Porno Jepang (Jepang itu Unik)

Hai Sobat Blogger. Kali ini saya akan posting artikel yang membahas tentang keunikan negara jepang dengan game show porno nya, sebaiknya anak dibawah umur 18 tahun jangan dibaca yah, hehehe.. Jepang memang adalah salah satu negara yang paling cepat perkembangan nya dibuktikan dengan banyak keunggulan jepang disegala sektor perekonomian, memang tak diragukan lagi prestasi tersebut di raih dengan kualitas orang jepang yang memang dibilang hampir merata tingkat kecerdasannya dan kualitas kreatifitas mereka pun diatas rata-rata menurut saya, dan entah apa dan bagaimana salah stasiun tv swasta di jepang berinisiatif menciptakan permainan ini yang terkesan porno. karena didalam nya banyak wanita jepang yang bisa di bilang (maaf) telanjang bulat tanpa sehelai benang pun.. ^^ 1. Game Show Tarik Bra di permainan ini setiap pria diwajibkan menarik bra (BH) wanita hingga terlepas tapi dengan satu syarat si pria diwajibkan menarik bra wanita tersebut dengan hidung nya hahaha.. Setiap satu